unmul

Hari Lingkungan Hidup

2 May 2013 adminimapa Unit Lingkungan Hidup

Foto bersama Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, M.M selaku Pembantu Rektor III  dengan Mahasiswa Pecinta Alam Se-Universitas Mulawarman.

Foto bersama Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, M.M selaku Pembantu Rektor III dengan Mahasiswa Pecinta Alam Se-Universitas Mulawarman.

Pada tanggal 5 Juni 2012, kami dari keluarga IMAPA UNMUL mengadakan satu kegiatan untuk memperingati datangnya hari lingkungan hidup. Ide dan gagasan telah disampaikan untuk mengingatkan kondisi lingkungan hidup kita yang sekarang terlihat tidak sesuai dengan harapan kita bersama.

Bersama dengan kawan-kawan dari Mapala MAPFLOFA dan Plankthos, kegiatan yang kami sepakati yaitu berupa galeri foto lingkungan kampus, pembagian bibit pohon, akustis musik lingkungan dan pembagian selembaran dan stiker. Persiapan yang dilakukan mulai dari mengambil foto-foto yang dibutuhkan, foto-foto tersebut adalah foto lingkungan yang ada di kampus UNMUL khususnya titik pembuangan sampahnya yang tidak dikelola dengan baik (dibakar/difasilitasi tempat sampah). Mulai dari wilayah tempat mahasiswa belajar yaitu depan ruang kelas hingga wilayah gedung Rektorat.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 – 16.00 Wita. Adapun tempat pelaksanaannya yaitu di simpang tiga jalan di depan Fakultas Farmasi dan FKIP, dengan alasan di titik tersebut karena kepadatan arus transportasi mahasiswa cukup tinggi sehingga mahasiswa dan mahasiswi kampus yang melihat kegiatan tersebut lebih banyak dan hasil yang dicapai yaitu tersampainya makna dari galeri foto, selembaran dan juga bibit pohon.

Dalam kesempatan ini juga, pihak dari akademisi datang untuk melihat langsung kegiatan ini. Dimana bapak Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, M.M selaku Pembantu Rektor 3 yang pada saat itu datang melihat dan beliau juga sempat mengutarakan komentarnya terhadap kegiatan ini.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengkritisi penanganan sampah di kampus UNMUL dengan memperlihatkan potret nyata yang ada di lingkungan kampus serta pembagian bibit pohon yang secara langsung melibatkan mahasiswa untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan hidup, alam dan semua makhluk hidup yang hidup di lingkungan serta kita semua yang menghirup udara dari lingkungan ini.

“Kampusku Bersih, Kampusku Hijau, Kuliahkupun Nyaman”, tema yang di angkat dalam memperingati hari lingkungan hidup ini nyata sebagai gambaran bahwa kita sebagai mahasiswa juga membutuhkan tempat yang  teduh dan nyaman sebagai tempat kita belajar.

Sekilas foto lingkungan hidup saat ini yang ingin penulis sampaikan, bahwa perusakkan lingkungan terjadi di setiap hitungan detik saja, sedangkan kegiatan merawat lingkungan hanya diadakan sesekali saja. Kesimpulannya, bahwa kerusakkan yang terjadi pada lingkungan yang begitu cepat, sedangkan upaya untuk merawat sangatlah lambat.

Bersama Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, M.M selaku Pembantu Rektor III yang pada saat itu datang melihat foto titik-titk pembuangan sampah di UNMUL yang tidak di kelola dengan baik.

Bersama Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, M.M selaku Pembantu Rektor III yang pada saat itu datang melihat foto titik-titk pembuangan sampah di UNMUL yang tidak di kelola dengan baik.


Leave a Reply

Powered by WordPress and HQ Premium Themes.