unmul

Magang Divisi Goa PIDCA XXVI IMAPA UNMUL 8-10 Desember 2012

3 May 2013 adminimapa Penelusuran Goa

PIDCA 26 & Pendamping

PIDCA 26 & Pendamping

Magang divisi Penelusuran Gua (caving) yang dilakukan di Desa Pampang,Kecamatan Samarinda Utara dari tanggal 8-10 Desember 2012. Magang divisi ini memiliki 3 misi yang harus dicapai oleh anggota tim. Yaitu Rigging, SRT ( Sigle Rope Tecknic) dan di dampingi oleh Smirnoff dan bombo

Jumat, 7 September 2012

          H-1 sebelum keberangkatan anggota tim melakukan karantina di ruang OBL IMAPA UNMUL di Gedung PKM. Sambil mempersiapkan perlengkapan pribadi dan surat perizinan yang akan diberikan ke ketua RT setempat.

Sabtu, 8 September 2012

Pagi harinya anggota tim membagi tugas agar persiapan yang masih kurang dapat cepat terselesaikan. Ada yang membeli konsumsi ke pasar,menyiapkan peralatan di gudang dan mengurusi perizinan ke RT di Pampang. Pukul 13.00-14.30 WITA semua perlengkapan dan peralatan yang akan dibawa di packing. Pada pukul 15.00 WITA ada acara pelepasan tim yang dihadiri oleh anggota IMAPA sendiri dan juga teman-teman dari mapala uniba yang kebetulan sedang berkunjung ke sekre. Tak lupa juga sebelum keberangkatan ada wejangan-wejangan dari ketua IMAPA dan salah satu senior IMAPA yaitu Bang Cai.

Sekitar setengah empat sore kami berangkat dari gedung PKM menuju Pampang. Diperjalanan kami sempat berteduh dikarenakan hujan deras. Setelah hujan reda kami melanjutkan perjalanan kembali dan sesampainya di parkiran motor kami istirahat sebentar sambil memarkirkan kendaaraan setelah itu melanjutkan perjalanan untuk mencari tempat mendirikan tenda. Kami mendapat tempat di pos 1 dikarenakan di pos 2 sudah ada yang memakai duluan. Waktu itu langit sudah cukup gelap dan cuaca mendung, kami pun langsung mencari kayu untuk mendirikan tenda terpal dan api. Tapi tiba-tiba hujan deras turun sehingga membuat basah baju yang kami pakai.

Setelah tenda terpasang dan hujan sudah mulai reda Aat dibantu mbak Muti dan Batayo pun mulai menyiapkan konsumsi dan wucing di bantu Bang Bombo dan teman yang lain menyalakan api unggun untuk penerangan malam hari. Di pukul 20.00 WITA kami melakukan briefing untuk kegiatan besok. Pukul 21.00 WITA smuanya istirahat untuk mengistirahatkan diri agar esok lebih fit.

Minggu, 9 Desember 2012

Pukul 06.00 WITA kami semua bangun dan menyiapkan makanan untuk sarapan. Pukul 07.00-07.30 kami packing tenda dan terpal untuk melakukan perjalanan ke gua. pukul 08.00 WITA kami melakukan perjalanan ke gua. Sampai di gua sekitar jam Sembilan pagi,dan langsung melakukan misi rigging dan SRT, dengan rigging man batayo dibantu adob sokil. Tapi agak sedikit terhambat dikarnakan hujan deras sehingga rigging dan SRT yang seharusnya dilakukan jam 09.30 WITA harus di pending sampai hujannya mulai reda.

Persiapan SRT

Persiapan SRT

Jam 12.00 WITA kami membuat makan siang dengan menu mie dan nasi buatan cheff Aat. Sekitar setengah dua siang hujan mulai reda dan kegiatan dapat dilanjutkan kembali. Yang pertama turun adalah batayo dan Adob Sokil,lalu Aat dan Doel,yang terakhir adlah Wucing dan Kerdil. Tetapi di misi rigging dan SRT ini ada insiden yang melibatkan Wucing. Wucing sempat meluncur dari atas gua karna autostopnya tidak mau ngerem. Kemungkinan akibat pemasangan yang terbalik.

Sekitar pukul  14.46 WITA semua anggota tim dapat menuntaskan misi rigging dan SRT. Dan pada pukul 15.00 WITA kami memutuskan untuk kembali ke basecamp tapi dengan tempat yang berbeda,yaitu di pos 2. Cukup nyaman dikarnakan sudah ada gubuk yang siap dijadikan tempat istirahat. Sesampai di pos 2 kami berbagi tugas kembali, ada yang mencari kayu untuk membuat api dan ada yang mandi. Pukul 19.00 WITA cheff Aat membuat makanan malam dan di pukul delapan malam lewat kami melakukan evaluasi kegiatan dan briefing untuk kegiatan besok. Setelah briefing ada yang langsung istirahat dan ada yang sekedar ngobrol-ngobrol

Senin, 10 Desember 2012

         

Persiapan SRT (Single Rope Teknik)

Persiapan SRT (Single Rope Teknik)

Seperti biasa bangun pukul 06.00 WITA dan langsung menyiapkan sarapan,tetapi ada sedikit hambatan untuk sarapan pagi ini,karena gas dan spirtus udah sedikit. Akhirnya kami bikin makanan dengan api unggun. Kegiatan hari ini adalah menyelesaikan misi mapping atau pemetaan. Setelah sampai di gua untuk pemetaan kami melakukan eksplorasi selama satu jam. Setelah di eksplor kami istirahat dan menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk mapping. Badan sudah tidak terlalu capai kami pun masuk gua kembali untuk pemetaan. Anggota tim keluar dari gua sekitar pukul 13.00 WITA dan pada pukul dua siang kami kembali ke pos 2 untuk cuci baju dan mandi seblum kembali ke PKM. Semua sudah dicuci dan mandi saatnya kembali ke PKM. Waktu pulang ada sedikit hambatan dikarenakan motor adob sokil dan kerdil ada masalah. Sehingga  sedikit lama sampai di PKM. Setelah perlengkapan dan peralatan sudah di list ulang kami pun evaluasi kembali.


Leave a Reply

Powered by WordPress and HQ Premium Themes.