unmul

Pencarian Korban Tenggelam Lubang ‘Eks-Galian’

29 November 2014 adminimapa beritaUnit Search and Rescue

Suasana pencarian korban tenggelam oleh tim SAR IMAPA UNMUL

Minggu 23 sebtember 2012 tepatnya pukul 09.45, Unit SAR IMAPA mendapat kabar dari rekan-rekan relawan,  bahwa seorang anak muda bernama  M. Husni usia 21 tahun  tengelam di kolam pasca lubang galian di daerah Jl. kadrie onienng tepatnya di belakang pembangunan SMA N 1 Samarinda. Mendegar kabar tersebut IMAPA mendelegasikan anggotanya sebanyak 10 orang di antaranya muslimin ( ciping ), shodikun ( ontoy ), adityawarman ( kamto ), dengan membawa beberapa alat rescue dan 1 perahu.

Pukul 11.15 tim SAR IMAPA sampai di lokasi dan langsung bergerak menyusuri kolam menggunakan perahu, beberapa anggota dari IMAPA berkordinasi dengan satuan brimob dan keluarga korban serta beberapa relawan lainya seperti BNPB, PELIK, KSR UNMUL serta PMI yang pada saat itu bersama-sama mencari korban tenggelam. Pencarian korban focus pada titik terahir korban tenggelam, penyelaman pun dilakukan oleh pihak brimob guna mendeteksi korban di dalam air, namun setelah beberapa kali penyelaman dan tidak mendapatkan hasil, penyelaman pun bergeser radius 10 m dari titik terahir korban tenggelam, dan tidak ada hasil.

Pencarian terus dilakukan sampai sampai pukul 06.00 wita.  Sementara pada malam hari keluarga korban melakukan pertemuan dengan relawan guna membicarakan metode pencarian dan jangka waktu pencarian, sempat terjadi perdebatan yang cukup alot oleh pihak keluarga karna pihak keluarga terus mendesak untuk mempercepat pancarian.

Senin 24 september 2012, pencarian terus dilakukan namun tidak ada hasil yang didapat, sempat beberapa kali pergantian penyelam. Setelah beberapa hari pencarian, jasad M Husni pertama kali di lihat oleh para kerabatnya (25/9/2012 ) sekitar pukul 02.00 dinihari. Saat ditemukan korban dalam posisi yang mengambang di posisi persis ia di perkirakan tenggelam, saat itu posisi korban seperti berdiri karena bagian kepala leher yang lebih dahulu timbul di permukaan, serentak Rudi mukaram  (bombo ) sapaan akrab kami berteriak bahwa korban sudah terlihat dan lansung berlari menuju perahu untuk mengevakuasi korban bersama teman-teman relawan lainya. Setelah korban diangkat ke atas perahu korban langsung di evakuasi menuju posko relawan, keluarga dan kerabat korban pun serentak mendekati korban tenggelam ini, tidak lama berselang korban langsung di bawa ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

IMG_9393 vvvSaksi mata mengatakan bahwa siang itu korban bersama kerabat lainya sedang mandi di kolam, sempat beberapa kali korban hilir mudik menyebrangi kolam tersebut, tetapi pada saat itu tiba-tiba korban teriak dan langsung tenggelam, salah seorang kerabatnya mencoba menolong  tetapi tidak ada hasilnya. Di perkirakan korban mengalami keram pada bagian tubuhnya karna pada saat itu korban baru saja selesai makan siang. Keluarga korban menolak untuk dilakukan otopsi lebih lanjut, maka pihak rumah sakin pun meyerahkan korban kepada keluarga untuk di semayamkan.


Leave a Reply

Powered by WordPress and HQ Premium Themes.